Minggu, 08 Januari 2012

Waspada Banjir dan Longsor Akibat Cuaca Buruk

Ancaman banjir dan tanah longsor masih perlu diwaspadai hingga Februari 2012. Berdasarkan pantauan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), curah hujan bagi hampir seluruh wilayah di Indonesia akan tinggi hingga bulan Februari.
Bahkan diperkirakan bahwa kondisi cuaca buruk ini berada di tingkat ekstrem. Sebab curah hujan lebih tinggi tiga kali lipat di atas normal, dalam durasi panjang. "Durasi hujan lebat tersebut makin bertambah panjang dalam beberapa hari ke depan," ujar Mulyono Prabowo, Kepala Bidang Informasi Meteorologi Publik di BMKG, Minggu (8/1) seperti dikutip oleh Harian Kompas.
Sementara Kepala Sub Divisi Cuaca Ekstrem BMKG Kukuh Tribudiyanto, di Jakarta, Jumat (6/1) lalu pun mengutarakan, puncak curah hujan tertinggi untuk daerah ibukota Jakarta dan sekitarnya akan terjadi mulai pada pertengahan Januari hingga Februari.
Jakarta akan diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga paling deras disertai angin kencang yang kecepatan anginnya mencapai 32 knot (atau sama dengan 60 kilometer per jam).
Untuk menindaklanjuti adanya kemungkinan terburuk, Pemerintah Pusat melalui Kementerian Dalam Negeri telah memberi imbauan yang meminta para pemerintah daerah untuk meningkatkan kewaspadaan.

| Free Bussines? |

Tidak ada komentar:

Posting Komentar